Kunjungan Kerja DPR RI ke Republik Federal Jerman Cetak E-mail
Berita Utama
Sabtu, 27 Mei 2017 22:00

DPR baik secara kelembagaan maupun perorangan, dalam konteks diplomasi internasional yang tertuang dalam peraturan DPR RI tentang Tata Tertib Pasal 219 tentang peran/fungsi diplomasi parlemen, memiliki peran untuk turut serta mempromosikan Indonesia, menjalin persahabatan dengan negara-negara di dunia, mendorong peningkatan kerjasama antara Indonesia dengan negara-negara sahabat, baik secara bilateral, regional maupun, multi lateral.

Kali ini, lima Anggota DPR RI Fraksi PKS sebagai tanggung jawab dalam menjalankan peran/fungsi diplomasi parlemen, berkunjung ke Republik Federal Jerman. Para anggota yang melaksanakan kunjungan kerja parlemen kali ini adalah :

  1. Bpk. H. Ansori Siregar Lc. (Ketua Delegasi).
  2. Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun.
  3. KH. Dr. Surahman Hidayat, MA.
  4. Bpk. Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, MA.
  5. Bpk. H. Refrizal.

Kelima Anggota DPR RI membawa masing-masing satu orang tenaga ahli untuk kelancaran pelaksanaan acara dan administrasi yang dilakukan selama kunjungan kerja. Selain itu, turut pula sebagian istri-istri Anggota DPR, yang seluruh pembiayaan perjalanannya dibayarkan dari dana pribadi masing-masing Anggota DPR.

Dalam kunjungan yang dilaksanakan dari tanggal 20 sampai dengan 27 Mei 2017, telah dilaksanakan pertemuan formil dengan :

  1. Partai Hijau (Bündnis 90/Die Grünen) adalah salah satu partai di parlemen Jerman. Pertemuan dilakukan di Jakob-Kaiser-Haus, yang belokasi tepat dibelakang Reichstag, merupakan gedung tempat berkantornya para anggota parlemen Jerman. Delegasi ditemui oleh ketua Anggota Parlemen Jerman Bidang ASEAN, Dr. Thomas Gambke dan staff. Sedangkan Parlemen DPR RI didampingi pihak Kedutaan Besar RI Bidang Politik.
  2. Masyarakat muslim Indonesia di Jerman.
  3. IWKZ Indonesisches Weisheits- und Kulturzentrum - Pusat Kearifan dan Kebudayaan Indonesia. Dilaksanakan di Masjid Al-Falah, sebagai sebuah masjid, telah berdiri sejak lebih dari 20 tahun yang lalu. Ia tidak hanya menjadi tempat melaksanakan ritual ibadah saja. Bahkan sejak didirikannya, ia telah menjadi pusat kegiatan sosial, pendidikan dan dakwah bagi masyarakat muslim Indonesia di Berlin dan sekitarnya.
  4. Initiative Berliner Muslim (Inisiatif Muslim Berlin atau IBMUS). Salah satu organisasi wadah masyarakat muslin Jerman. Pertemuan dilaksanakan di sekretariat dan mesjid IBMUS yang teletak di Lantai 3 dan 4 Gedung di Inssan Gitschiner Strabe 17. Di gedung ini juga terdapat restoran dan toko bahan pangan halal.

Dalam berbagai pertemuan, Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun mempertanyakan keadaan masyarakat muslim di jerman, yang merupakan masyarakat minoritas dan kendala-kendala yang dihadapi komunitas muslim, sekaligus terkait isyu pengungsi yang sedang melanda Negara Jerman. Dalam jawaban dari berbagai komunitas muslim, delegasi memperoleh jawaban bahwa negara maupun mayoritas masyarakat Jerman memberikan tanggapan dan berinteraksi dengan baik, karena sangat menjunjung hak asasi manusia, termasuk komunitas muslim, namun permasalahan pengungsi yang membebani anggaran negara memang akhirnya dapat menimbulkan sentimen negatif dikarenakan mayoritas pengungsi adalah muslim.

Pada pertemuan dengan Partai Hijau, diluar pembicaraan tentang politik, Partai Hijau menekankan perlunya Indonesia memaksimalkan penggunnaan energi ramah lingkungan, yang sesuai dengan landasan dasar Partai Hijau, dalam pemenuhan target Pemerintah Jokowi-JK atas penambahan daya 35.000MW kelistrikan. (29/05.2017.TGN)

Berikut ini foto kegiatannya.


AddThis
 

Pak Adang Hadir Dalam Acara Launcing PKS Muda Jakarta Utara

News image

Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017, Partai Keadilan Sejahtera meluncurkan PKS Muda. Acara peluncuran digelar di XXI Epi...

Minggu, 2 September 2018

Meriahkan HUT RI, Pak Adang Adakan Lomba Poco-Poco

News image

Tarian Poco-Poco adalah jenis tarian modern asli Indonesia yang kemudian banyak dijadikan sebagai gerakan dasar pada senam irama. Tarian ini mengamb...

Minggu, 26 Agustus 2018

Adang Daradjatun Hadiri Tablig Akbar Kampung Rawa Lele

News image

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia diisi dengan berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan secara kolektif oleh masyarakat. Jika sebelumnya Bpk. DRS...

Kamis, 23 Agustus 2018

next
prev