Tak Puas dengan Mendag, Komisi VI DPR akan Bentuk Tim Pengawas Impor Beras Cetak E-mail
Berita Utama
Jumat, 26 Januari 2018 21:22

Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno memimpin rapat dengar pendapat dengan Kementerian Perdagangan membahas tentang kebijakan impor beras di Ruang Rapat Komisi VI DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan. Bapak Drs. H. Adang Daradjatun, selaku salah satu Anggota Komisi VI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, menghadiri rapat yang diadakan pada hari Kamis 18 Januari 2018, mulai pukul 10.00 WIB.

Komisi VI DPR RI menyatakan berencana membentuk tim pengawas atau tim monitoring untuk menyikapi kebijakan impor beras yang dilakukan Kementerian Perdagangan. Hal ini diungkapkan dalam rapat dengar pendapat dengan Menteri Perdagangan dan pihak terkait mengenai kebijakan impor beras yang telah meresahkan petani karena masa panen raya akan segera tiba.

Komisi VI masih belum yakin karena Mendag Enggartiasto Lukita belum bisa menunjukkan data stok beras di gudang-gudang, baik gudang milik Perum Bulog maupun milik pengusaha. Sehingga, DPR merasa belum ada dasar yang kuat dari data mengapa Indonesia harus mengimpor beras.

Pada rapat dengar pendapat hari ini, sejumlah pandangan dan pertanyaan dikemukakan, baik dari anggota Komisi VI dan Kemendag bersama Perum Bulog, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), dan pihak terkait lainnya. Intinya Mendag menyampaikan stok beras harus cukup untuk melindungi konsumen dari ketersediaan beras yang menurut badan dunia FAO, negara sebesar Indonesia  harus memiliki cadangan beras minimal 1,1juta ton.

Namun, rapat tersebut belum mencapai kesepakatan atau kesimpulan apapun karena Menteri Perdagangan harus menghadiri Rapat Terbatas di Istana Negara. Akhirnya Raker ditutup sementara untuk segera dilanjutkan tanpa mengambil kesimpulan atau rekomendasi. Raker akan segera dilanjutkan segera setelah Mendag selesai melaksanakan kunjungan kenegaraan. (19/012018.TGN)

ANDRI DONNAL PUTERA

Kompas.com - 18/01/2018, 16:24 WIB


AddThis
 

Silaturahim ke MT Baitul Iman Lagoa Jakarta

News image

Majelis Ta’lim Baitul Iman yang teletak di Jl. Lagoa Terusan, Lagoa, Koja, Jakarta Utara, secara rutin mengadakan pengajian dan pendidikan keagaman ...

Senin, 6 Agustus 2018

Silaturahim Ke MT Nurul Hasanah Jakarta

News image

  MT Nurul Hasanah yang terletak di Jalan Bandar Ujung, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, pada hari senin selepas isya mengadakan pengajian...

Minggu, 5 Agustus 2018

Mengunjungi Masyarakat Pasar TImbul Jakarta Barat

News image

Pada masa reses masa sidang II, tahun 2014/2015, Bpk Drs. H. Adang Daradjatun pernah menyambangi Pasar Timbul yang berlokasi di Kelurahan Kapuk, Kec...

Jumat, 3 Agustus 2018

next
prev